Bekas pabrik gula disulap jadi rest area unik ke Banjaratma KM 260B

  • admin
  • Agu 06, 2024

Ibukota (ANTARA) – Rest area merupakan infrastruktur yang mana disediakan ke sepanjang tepi jalan tol sebagai tempat kejadian istirahat bagi pengendara dan juga penumpang. Rest area juga menyediakan layanan pengisian materi bakar (SPBU), masjid, minimarket, tempat makan, toilet, ATM, bahkan di dalam beberapa tempat telah tersedia pengisian daya mobil listrik (SPKLU).

Di tol Trans Jawa khususnya Jawa Tengah, terdapat rest area unik bekas pabrik gula. Tepatnya di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260 B, Kota Brebes, Jawa Tengah.

Rest area ini merupakan salah satu bangunan bersejarah bekas pabrik gula dalam Banjaratma .Setelah gulung tikar pada 1997, kompleks pabrik gula yang berdiri di dalam lahan seluas 10,5 hektare itu ditetapkan sebagai cagar budaya. Rest area pabrik gula Banjaratma pun direvitalisasi menggunakan bangunan lama, namun dengan penyesuaian fungsi.
 

Sejumlah warga bermain ke miniatur Kereta Api Kuno di dalam Tempat Istirahat lalu Pelayanan (TIP) tol di ruas tol Pejagan-Pemalang KM 260 B Desa Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Hari Sabtu (23/3/2019).  ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/pd

Mengenal rest area bekas pabrik gula

Rest area bekas pabrik gula ke area Banjaratma dioperasikan sejak 17 Maret 2019. Tempat ini disebut “Rest Area Heritage” oleh sebab itu menggunakan bangunan kuno yang tersebut disulap menjadi rest area ikonis dengan gaya retro.

Menilik informasi terkait sejarahnya, pembangunan pabrik gula Banjaratma direalisasikan oleh N.V. Cultuur Maatschappij salah satu perusahaan perkebunan berpusat dalam Amsterdam, Belanda.

Pabrik gula yang memiliki lahan seluas 10,5 hektar, dengan memunculkan gula termurah di era Kolonial Verslag. Namun, pada tahun 1997 pabrik ini terpaksa harus gulung tikar dikarenakan tingginya biaya operasional.

Selang tak berapa lama ditutupnya pabrik gula itu, pemerintah menetapkan bangunan yang disebutkan sebagai cagar budaya. Dengan mempertahankan kesan retro dan juga memanfaatkan sisa besi bekas alat proses gula, tegel kuno dan juga material yang digunakan didominasi bata merah tanpa plesteran menjadikan kesan manis pada bangunan tersebut.

Bangunan itu kemudian direvitalisasi sesuai fungsi menjadi rest area.

 

Foto udara kendaraan parkir dalam rest area Km 260B jalan tol Pejagan-Pemalang, Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah, Mingguan (14/4/2024). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/nz

Fasilitas rest area bekas pabrik gula

Rest area Heritage Banjaratma KM 260B ini mempunyai tipe A dengan menyediakan sarana lengkap. Berikut prasarana nya:

1. Area parkir yang tersebut luas.
2. Masjid batu bata merah nuansa terakota.
3. SPBU.
4. ATM
5. Minimarket.
6. Food court.
7. UMKM pembelanjaan oleh – oleh khas Brebes.
8. Toilet umum
9. Wisata edukasi untuk anak – anak, seperti taman botani dan juga kebun binatang mini.
10. Wahana bermain anak – anak

Baca juga: Tersedia kamar mandi modern dalam "rest area" Banjaratma Brebes

Baca juga: Infrastruktur rakyat diwajibkan beri ruang penawaran UMKM 30 persen

Baca juga: KDTN gandeng PTPP bangun hotel di Rest Area Km 260B Banjaratma-Brebes

Artikel ini disadur dari Bekas pabrik gula disulap jadi rest area unik di Banjaratma KM 260B

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version