RI Gaet Prancis Demi Temukan ‘Harta Karun Langka’ di Grobogan Jateng

  • admin
  • Okt 23, 2024

Jakarta – Kementerian Tenaga serta Sumber Daya Mineral (ESDM) bersatu perusahaan Prancis, PT Eramet Nusantara Mining, berkolaborasi untuk menyelidiki peluang lithium ke Wilayah Grobogan, Jawa Tengah.

Lithium dikenal sebagai salah satu mineral kritis yang tersebut dibutuhkan untuk pembuatan akumulator kendaraan listrik. Penjajakan kerja mirip yang dimaksud bertujuan untuk mengembangkan studi serta eksplorasi mineral strategis di dalam Indonesia.

Kepala PSDMBP, Agung Pribadi menjelaskan bahwa penyelidikan pada Grobogan merupakan tindakan lanjut dari studi awal mengenai kemungkinan lithium brine yang mana dimulai pada tahun 2023 dalam kawasan Bledug Kuwu, Jawa Tengah.

“Kegiatan yang dimaksud akan melibatkan metode geofisika juga geokimia, dengan PSDMBP kemudian Eramet berkontribusi pada pemakaian peralatan kemudian teknik yang dimaksud berbeda,” ujar Agung pada penjelasan resmi, dikutipkan hari terakhir pekan (18/10/2024).

Dalam penelitian tersebut, PSDMBP akan menggunakan metode seperti gravity, ground magnetic, dan juga magnetotelluric, sedangkan Eramet akan menerapkan teknik seperti geolistrik, self-potential, juga passive seismic.

Agung membeberkan pihaknya sudah ada melakukan persiapan teknis untuk kegiatan yang disebutkan sejak Agustus 2024 lalu. Pihaknya akan mengurus perizinan dan juga sosialisasi terhadap pemerintah setempat pada 21 Oktober 2024 mendatang.

Selain itu, metode geokimia berbentuk pengambilan sampel air brine juga akan dijalankan oleh tim PSDMBP untuk dianalisis lebih tinggi lanjut dalam laboratorium.

Selanjutnya, sebagai bagian dari implementasi kerja sama, delegasi dari Badan Geologi juga PSDMBP dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke sarana R&D Eramet di dalam Paris, Prancis, pada awal Desember 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari teknologi ekstraksi litium dari geothermal brine yang dimaksud sedang dikembangkan oleh Eramet, sekaligus menguatkan pemindahan pengetahuan di rangka pengembangan bidang mineral kritis ke Indonesia.

Next Article ‘Harta Karun Langka’ dalam Grobogan Jateng Terungkap, Segini Kandungannya

Artikel ini disadur dari RI Gaet Prancis Demi Temukan ‘Harta Karun Langka’ di Grobogan Jateng

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *