Terbaru! PLN Gantikan Meteran Listrik Manual dengan ‘Modem’ Lanjutan

  • admin
  • Okt 22, 2024

Jakarta – PT PLN (Persero) sekarang mempunyai pelayanan terbaik bagi pelanggan kelas melawan dengan pemasangan sistem Automatic Unit Reading (AMR). Teknologi ini memungkinkan pelanggan mengakses data pengaplikasian listrik secara real-time. Sistem yang dimaksud diaplikasikan pada pelanggan dengan daya listrik mulai dari 6.600 Volt Ampere (VA) ke atas.

Executive Vice President Komunikasi Korporat serta TJSL PLN Gregorius Adi Trianto menjelaskan bahwa pihaknya berada dalam meningkatkan pelayanan pada pelanggan PLN dengan pemasangan AMR. Sistem yang disebutkan bisa jadi membaca pemanfaatan listrik melalui saluran komunikasi tertentu secara terintegrasi.

“AMR adalah teknologi otomatis pembacaan meter energi listrik menggunakan software tertentu melalui saluran komunikasi Global System for Mobile Communication (GSM) secara terpusat juga terintegrasi untuk mendapatkan data beban energi listrik secara real time,” jelas Gregorius untuk CNBC Indonesia, disitir hari terakhir pekan (18/10/2024).

Melalui teknologi ini, pengecekan listrik dapat dilaksanakan secara segera oleh pelanggan, tanpa perlu pelaku datang ke lapangan. Selain itu, pelanggan juga dapat memantau konsumsi energi merekan serta menyesuaikan penggunaannya agar lebih banyak efisien.

“Pemasangan AMR juga memungkinkan pelanggan untuk membaca data pemakaian energi listrik secara berkesinambungan kemudian memantau di dalam mana energi listrik terbesar yang digunakan merekan gunakan, sehingga hal ini dapat memacu pelanggan untuk mengatur pemakaian energi listriknya,” kata Gregorius.

Hingga pada waktu ini, berjumlah 514.324 pelanggan PLN sudah pernah menikmati layanan ini. Jumlah yang disebutkan setidaknya 63% dari total pelanggan berdaya 6.600 VA ke berhadapan dengan yang digunakan tercatat sebesar 819.565.

“Hingga ketika ini, dari total 819.565 pelanggan 3 phasa pada seluruh Indonesia, 63 persen atau sebesar 514.324 pelanggan sudah pernah menggunakan AMR,” tandasnya.

Sistem AMR ketika ini diberlakukan untuk pelanggan PLN dengan kWh Satuan Pengukuran 3 Phasa atau dengan daya 6.600 VA, 10.600 VA, 13.200 VA, 16.500 VA, hingga 23.000 VA.

Next Article Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Gelar Aksi Bersih

Artikel ini disadur dari Terbaru! PLN Gantikan Meteran Listrik Manual dengan ‘Modem’ Canggih

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *