Sinergi BUMN Membangun Perekonomian Berkelanjutan Demi Kemakmuran

  • admin
  • Okt 22, 2024

Jakarta,  CNBC Indonesia – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bukan hanya saja berperan besar di menggenjot roda kegiatan ekonomi tetapi juga mengambil bagian mendirikan sekolah hingga berpartisipasi di memperbaiki dampak buruk inovasi iklim.

Peran besar BUMN pada bidang sosial serta lingkungan hingga lembaga pendidikan tercermin lewat aksi tanggung jawab sosial serta lingkungan (TJSL) yang merekan lakukan.

Langkah besar BUMN pada perbaikan lembaga pendidikan hingga bidang sosial tercermin di kegiatan berikut:

1. BUMN Menguatkan Tingkat Sarana Pendidikan untuk Generasi Masa Depan

Banyak BUMN terlibat terlibat di upaya untuk meningkatkan kualitas institusi belajar Indonesia, mulai dari pemberian bea siswa, konstruksi sekolah, hingga pelatihan.

Di antaranya adalah PT Organisasi Listrik Negara (PLN), PT Pelabuhan Indonesi (Pelindo), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), hingga PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (BTN), PT Bukit Asam, juga PT Bank Negara Indonesia (BNI).

BRI miliki acara perbaikan sekolah hingga penyaluran beasiswa untuk semua jenjang institusi belajar dari SD hingga kuliah S2. Beberapa inisiatif BRI di bidang lembaga pendidikan adalah BRI Peduli Ini adalah Sekolahku dan juga beasiswa BRILian Scholarship.

BRI Peduli Hal ini SekolahkuFoto: BRI
BRI Peduli Ini adalah Sekolahku

Kegiatan TJSL Bank Mandiri yang digunakan berkaitan dengan Pendidikan untuk Generasi Masa Depan, diantaranya: Inisiatif Mandiri Edukasi yaitu sebuah acara terkait literasi keuangan dan juga kewirausahaan, Mandiri Goes to Campus untuk memberikan edukasi terhadap pelajar tentang layanan perbankan dan juga pemberian kuliah umum oleh Manajemen Bank Mandiri, penyelenggaraan Taman Bacaan Sekolah untuk menggalakkan minat baca serta meningkatkan literasi di dalam kalangan siswa.

Program lainnya adalah bantuan beasiswa sekolah untuk siswa serta siswa untuk mencapai kesetaraan pendidikan, Inisiatif Sekolah Kejar Paket untuk memberikan kesempatan terhadap mereka yang dimaksud tak dapat menyelesaikan lembaga pendidikan formal pada jenjang tertentu bagi warga yang putus sekolah serta prasejahtera, perbaikan sarana juga prasarana sekolah seperti renovasi serta pengerjaan sekolah juga dukungan sarana prasarana untuk memperkuat kegiatan pendidikan, kemudian lain-lain.

Bank Mandiri memiliki kegiatan magang untuk jenis pekerjaan contact center yang digunakan dikhususkan untuk individu dengan difabel yang sudah pernah menyelesaikan lembaga pendidikan menengah atas.

Program yang dimaksud dinamakan “Kriya Mandiri Contact Centre”; di dalam mana kontestan akan mengikuti tiga tahapan program, yaitu basic, intermediate, lalu advance selama tiga tahun sesuai dengan silabus lalu kurikulum yang sudah pernah disiapkan.

Program Mandiri EdukasiFoto: Bank Mandiri
Program Mandiri Edukasi

PLN juga mengambil bagian memajukan planet sekolah dengan inisiatif PLN Peduli Pendidikan, Beasiswa Duta Bercahaya, Digitalisasi Pendidikan, Rencana Kerjasama Pendidikan, Pendidikan Difabel lalu Kaum Rentan.

Program TJSL PLN dalam bidang lembaga pendidikan telah lama memberikan dampak nyata terhadap total 167.519 warga penerima khasiat yang digunakan terdiri dari 87.886 laki-laki dan juga 79.633 perempuan tersebar di dalam seluruh Indonesia.

Dirut PLN Terlibat Aktif pada Inisiatif TJSLFoto: Dok: PLN
Dirut PLN Terlibat Aktif pada Proyek TJSL

PT Pegadaian juga miliki sejumlah kegiatan TJSL dalam bidang lembaga pendidikan seperti Pegadaian Peduli Pendidikan melalui Transformasi Sekolah, berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan serta Kebudayaan Pusat Kota Bengkulu lalu Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bengkulu, juga Putera Sampoerna Foundation sebagai pengurus kegiatan.

PT Bukit Asam memiliki kegiatan TJSL lembaga pendidikan melalui BIDIKISIBA yang mana merupakan inisiatif beasiswa lembaga pendidikan sekitar PTBA yang tersebut diberikan terhadap siswa/siswi lulusan SLTA/SMK/MA/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar tempat kejadian operasi Perusahaan yaitu Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE).

PTBAFoto: dok PTBA
PTBA

 

PT Pertamina punya kegiatan beasiswa untuk menggalang para pelajar di seluruh Indonesia mampu terus menggapai cita-citanya, mewujudkan mimpi-mimpinya pada masa depan.

Berbagai Beasiswa seperti Sobat Bumi Reguler, Sobat Bumi Inspirasi Tanah Air Timur, Khusus Sumbawa, Harapan (Kecelakaan Kerja) dan juga Himpana serta Laskar Pelangi berubah menjadi pembuka jalan di mewujudkan mimpi pelajar Indonesi untuk terus mengenyam globus pendidikan.

Sementara untuk warga pada wilayah perbatasan yang tersebut sulit tersentuh oleh lembaga pendidikan formal, melalui Sekolah 3T, dia terus dapat mengenyam bangku sekolah dalam Siekula Anak Nangroe juga Sekolah Tapal Batas.

Di sekolah yang berfungsi sebagai lembaga institusi belajar alternatif tersebut, Pertamina sama-sama masyarakat, bahu-membahu mendirikan infrastruktur sekolah, menanamkan jiwa nasionalisme, mengembangkan kualitas institusi belajar juga menyokong keterlibatan Pemda dan juga masyarakat.

Program beasiswa Pertamina telah dilakukan menyalurkan biaya sekolah terhadap 1.668 siswa dan juga 103 peserta didik dari 7 kampus dalam Indonesia.

Beasiwa PertaminaFoto: Pertamina
Beasiwa Pertamina

Sebagai bentuk Rencana BNI Berbagi pada Bumi Pendidikan, BNI memberikan bantuan apresiasi terhadap 3.638 Guru Honorer dalam seluruh Tanah Air berhadapan dengan dedikasi pada mencerdaskan Anak Bangsa. Selain itu beberapa kegiatan yang digunakan dijalankan terkait bumi institusi belajar yaitu :

BNI Beasiswa Sarjana

BNI melalui Proyek BNI Berbagi melakukan inisiasi BNI Beasiswa Sarjana. Sasaran yang digunakan ingin dicapai adalah peningkatan kesempatan yang mana serupa bagi semua kalangan warga di mendapatkan sekolah yang mana lebih besar membesar pada jenjang Universitas atau sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) no.4 yaitu Pendidikan Berkualitas. Inisiatif ini juga untuk mengapresiasi Pegawai TAD (Tenaga Alih Daya) yang digunakan sudah bekerja kemudian mengabdi, seperti pramubakti, supir, satpam juga cleaning service.

Penerima Beasiswa Sarjana dari Rencana BNI Berbagi akan memperoleh khasiat terdiri dari bantuan Dana Pendidikan lalu pengembangan diri, berbentuk pendaftaran kuliah, biaya semester sampai dengan lulus kuliah. Selama kurun waktu 5 tahun terakhir, BNI memberikan beasiswa terhadap 4.531 pelajar pada seluruh Indonesia.

NI Beri Tabungan Untuk Ribuan Guru Honorer ke Daerah 3TFoto: Dok BNI
NI Beri Tabungan Untuk Ribuan Guru Honorer pada Daerah 3T

BNI Berbagi untuk Sertifikasi Guru

Inisiasi Inisiatif BNI Berbagi ke bidang Pendidikan lainnya adalah BNI Berbagi untuk Sertifikasi Guru di rangka meningkatkan kompetensi pengajar Indonesia. Adapun kegiatan yang disebutkan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengajar di pemakaian teknologi juga penerapan kurikulum Merdeka.

Program ini sejalan dengan misi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, serta Teknologi (Kemendikbudristek) pada mengembangkan kapasitas guru sebagai Guru Digital yang dimaksud memberikan dampak positif secara berkelanjutan pada sektor pendidikan. Sertifikasi guru yang dimaksud akan diberikan terhadap 1.000 guru dalam Provinsi Riau, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, juga Nusa Tenggara Timur (NTT).

BNI Berbagi untuk sarana prasarana lembaga pendidikan

Program bantuan infrastruktur sarana prasarana pada sekolah atau lembaga Pendidikan sehingga akses rakyat belajar mengajar berubah jadi lebih banyak baik juga aman menyesuaikan dengan status sekolah/kampus yang digunakan lebih tinggi baik lalu dinamis. Dalam kurun 5 tahun, BNI membantu penyelenggaraan dan/ atau perbaikan fisik Gedung 724 sekolah/ universitas dan juga pemberian 375 bantuan prasarana Pendidikan.

Bank Syariah Indonesi (BSI) mempunyai Inisiatif Beasiswa Pendidikan merupakan inisiatif bantuan biaya Pendidikan serta pendampingan yang digunakan terbagi berubah menjadi 3 kategori kegiatan yang digunakan diperuntukan untuk jenjang sekolah SMP, SMA, kemudian Perguruan Tinggi yang dimaksud meliputi : – BSI Scholarship Mahasiswa – BSI Scholarship Pelajar – Fellowship / Beasiswa Anak BSI.

BSI beasiswaFoto: BSI
BSI beasiswa

Total penerima khasiat untuk BSI Scholarship Mahasiswa yakni sejumlah 2.835 peserta didik di dalam 90 kampus. Total penerima kegunaan untuk BSI Scholarship pelajar yakni berjumlah 2.360 siswa di dalam 142 sekolah. Total penerima khasiat untuk Fellowship/Beasiswa Anak BSI yakni sebanyak-banyaknya 114 anak tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Pelindo memiliki kegiatan TJSL bidang lembaga pendidikan sebagai upaya perusahaan pada keadilan sekolah berkualitas agar anak-anak Indonesi mendapat kemudahan dan juga akses ilmu pengetahuan dan juga teknologi.

Melalui Inisiatif Beasiswa Champions Scholarship Pelindo memberikan beasiswa ke lebih besar dari 500 siswa SMA, 34 Mahasiswa S1 dari 5 Universitas Negeri lalu beasiswa bagi 10 Mahasiswa asing untuk melanjutkan institusi belajar S2 di dalam Indonesia.

Di luar Proyek beasiswa, Pelindo juga rutin berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk memberikan terobosan pembaharuan melalui penelitian yang dimaksud dapat memajukan perusahaan juga berdampak bagi masyarakat. Melalui Rekapitch Kedaireka, Pelindo memberikan pembiayaan bagi 6 riset yang sedang dikenbangkan kelompok peneliti dari Politeknik Negeri Ujung Pandang, ITS Surabaya, Untan Pontianak, UAD Yogyakarta, lalu Universitas Presiden Jakarta. Investigasi ini bertema Operasi Pelabuhan/Terminal, Safety, dan juga TJSL.

Untuk mengupayakan digitalisasi pendidikan, Pelindo sudah memberikan bantuan lebih tinggi dari 600 unit Teknologi Pengetahuan Komputer ke bervariasi sekolah juga Perguruan Tinggi dalam Indonesia.

Pelindo Grup Tingkatkan Akses Pendidikan Warga Kaluku BodoaFoto: Pelindo
Pelindo Grup Tingkatkan Akses Pendidikan Publik Kaluku Bodoa

Program Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) merupakan wujud perhatian Pupuk Kaltim pada upaya meningkatkan kualitas Informan Daya Individu (SDM).

Dimulai sejak 2007, Pupuk Kaltim telah lama melaksanakan acara PKTPP di bentuk pemberian beasiswa yang mana diperuntukkan bagi Putra-Putri berprestasi yang berasal dari keluarga tidak ada mampu secara sektor ekonomi di wilayah Kalimantan Timur, khususnya Bontang.

Beasiswa yang tersebut diberikan merupakan beasiswa untuk Sekolah Dasar (SD) juga Sekolah Menengah Pertama (SMP) ke Sekolah Yayasan Pupuk Kaltim (YPK).

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali salurkan Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2024,Foto: Pupuk Kaltim
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali salurkan Beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) tahun 2024,

Untuk membantu sektor pendidikan, PT Timah melalui kegiatan Pemali Boarding School memberikan beasiswa sekolah bagi penduduk di lingkar tambang untuk jenjang SMA yang dilaksanakan di dalam SMAN 1 Pemali, Kota Bangka.

Program Pemali Boarding School PT Timah Eksis Hingga 24 Tahun, Langkah Konkrit Perusahaan Untuk Menguatkan Standard Informan Daya ManusiaFoto: PT Timah
Program Pemali Boarding School PT Timah Eksis Hingga 24 Tahun, Langkah Konkrit Organisasi Untuk Menguatkan Tingkat Informan Daya Manusia

BTN juga miliki TJSL lembaga pendidikan yakni pembekalan terhadap developer. Proyek TJSL untuk membentuk developer muda dengan tujuan memberikan pembekalan terhadap kalangan peserta didik serta umum untuk mempersiapkan diri berubah menjadi developer muda yang dimaksud nantinya dapat berkontribusi membantu pemerintah di menghurangi backlog perumahan pada Indonesia.

Program ini telah lama dilaksanakan di dalam sembilan kota ke Nusantara sejak 2022 dan juga menghasilkan kembali lebih besar dari 1.500 partisipan.

 

Next Page

BUMN Membangun Jalan, Membuka Peradaban & Memberdayakan UMKM

Pages
Next

Artikel ini disadur dari Sinergi BUMN Membangun Ekonomi Berkelanjutan Demi Kesejahteraan

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *