Pemkot Jaksel temukan saluran air Jalan RS Fatmawati bermasalah

  • admin
  • Okt 21, 2024

Ibukota Indonesia – otoritas Perkotaan Ibukota Indonesia Selatan (Pemkot Jaksel) menemukan saluran air di Jalan RS Fatmawati, Cipete Utara, Kebayoran Baru bermasalah sehingga bila tak segera ditangani akan memunculkan banjir pada kawasan itu pada waktu berjalan hujan.

"Hasil cek kami sama-sama pihak terkait dalam lokasi, ternyata ditemukan bahwa ada dasar dari saluran air untuk pembuangannya itu beda level atau beda tinggi kurang lebih besar 40 sentimeter (cm)," kata Wali Pusat Kota Administrasi Ibukota Indonesia Selatan, Munjirin dalam pernyataan ditulis pada Jakarta, Kamis.
Ia mengemukakan pengecekan itu dilakukan dikarenakan pada kawasan yang dimaksud rutin berlangsung genangan ketika hujan deras.
Oleh dikarenakan itu, ia menjelaskan, setelahnya berdiskusi dengan suku dinas sumber daya air (SDA), ia berencana dengan menyamaratakan antara jalan juga saluran air agar nantinya air mengalir ke saluran penghubung (Phb) yang digunakan lebih banyak besar dan juga tiada menggenangi jalan kembali.

 

"Saya juga minta ke Bina Marga untuk kabel-kabel yang mana ada dalam pada saluran ini agar dinaikkan atau tidaklah berada ke dasar saluran air," ujarnya.

 

Nantinya, katanya, apabila dibutuhkan penganggaran besar, maka pihaknya akan mengerjakannya pada 2025.

 

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga memperbaiki saluran air ke Jalan Hang Lekir II, RT 09/06, Kelurahan Gunung.
Perbaikan dilaksanakan dikarenakan saluran air tersumbat dan juga berkemungkinan mengakibatkan genangan ketika hujan turun.

 

"Dari hasil peninjauan wilayah, diketahui saluran dalam lokasi ini ternyata tersumbat juga akhirnya saya secara langsung memohonkan pasukan Satpel SDA Kecamatan Kebayoran Baru untuk melakukan perbaikan," ujar Lurah Gunung, Elvita Rahmadani Rangkuti.
Sementara itu, Kasatpel SDA Kecamatan Kebayoran Baru, Sutopo menjelaskan, perbaikan saluran air sepanjang 23 meter dengan menggunakan saluran beton penampang berbentuk huruf U (u-ditch) 60×60 ini turut melibatkan sembilan personel serta satu excavator guna mempercepat di penurunan u-ditch.
"Pengerjaan kita lakukan sejak dua hari terakhir yang digunakan diharapkan saluran air nantinya dapat mengantisipasi genangan pada waktu hujan turun melanda kawasan ini," ucap Sutopo.

Artikel ini disadur dari Pemkot Jaksel temukan saluran air Jalan RS Fatmawati bermasalah

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *