Profil cucu Jokowi juga arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution

  • admin
  • Okt 18, 2024

DKI Jakarta –

Panembahan Al Nahyan Nasution merupakan cucu ke empat Presiden Jokowi juga anak kedua dari pasangan Bobby Nasution dan juga Kahiyang Ayu.

Sosok Panembahan Al Nahyan yang menggemaskan, seringkali bermetamorfosis menjadi sorotan publik, teristimewa lantaran tingkah lakunya yang lucu juga seringkali ramai di dalam media sosial.

Kerap dipanggil Nahyan, dirinya juga banyak terlihat pada berubah-ubah aktivitas sang kakek pada waktu bertugas atau sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu untuk berlibur.

Nama yang dimaksud diberikan oleh kedua khalayak tuanya pun juga terbilang unik serta penuh makna. Lantas, apakah nama yang dimaksud miliki makna tersendiri?

Berikut ini adalah profil dan juga penjelasan terkait arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution, cucu ke empat Jokowi dari anak kedua Bobby Nasution juga Kahiyang Ayu.

 

Profil kemudian arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution

 

Panembahan Al Nahyan Nasution lahir pada 3 Agustus 2020. Lokasi rumah sakit Al Nahyan dilahirkan sebanding seperti kakaknya, Sedah Mirah, yaitu di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta.

 

Anak kedua Bobby lahir dengan segar dengan berat 3,4 kilogram serta tinggi 49,5 cm. Sang ibunda, Kahiyang melahirkan Al Nahyan melalui operasi caesar.

 

Bobby lalu Kahiyang memberikan nama untuk anak laki-lakinya berasal dari bahasa Jawa, mengamati budaya Jawa adalah budaya yang dianut oleh keluarga tersebut. Selain itu, terdapat perpaduan kata bahasa Arab juga nama marga keluarga.

 

Nama awal yang dimaksud terdapat kata "Panembahan" memiliki arti yaitu raja atau pemimpin yang digunakan bergelar bangsawan. Kata ini berasal dari bahasa Jawa.

 

Pada budaya Jawa, Panembahan adalah gelar kejuaraan yang tersebut sangat dijunjung. Gelar Panembahan pun digunakan oleh Danang Sutawijaya yaitu Panembahan Senopati, pendiri pertama Kerajaan Mataram Islam pada Jawa.

 

Tingkat peringkat Panembahan menempati dalam berhadapan dengan gelar kejuaraan Pangeran Dipati atau Pangeran Adipati. Gelar yang tersebut membesar dari Panembahan di budaya Jawa yaitu Sultan.

 

Sementara, kata "Al Nahyan" berasal dari bahasa Arab yang dimaksud memiliki arti yaitu bijak. Nama Nahyan juga digunakan oleh pendiri sekaligus mantan presiden pertama Uni Emirat Arab yaitu Zayed bin Sultan Al-Shaykh Nahyan.

 

Pada akhir nama terdapat kata "Nasution" yang merupakan marga suku batak Mandailing dari Sumatera Utara. Marga yang disebutkan berasal dari keturunan sang ayah, Bobby Nasution.

 

Dari arti nama tersebut, warga tua Panembahan Al Nahyan Nasution berharap agar anak laki-lakinya dapat bertambah menjadi pemimpin yang bijak juga membanggakan keluarga.

 

Al Nahyan dengan kakaknya, Sedah Mirah, pernah sekolah di Playgroup Sekolah Highscope Indonesia, Medan pada kelas Preschool Highscope atau Early Childhood Educational Inisiatif (ECEP).

 

Tahun 2024 ini, Al Nahyan yang mana berusia empat tahun sedang duduk di bangku TK ke Al Azhar Medan standar Internasional.

 

Bobby Nasution dan juga Kahiyang Ayu miliki tiga anak, dengan anak sulung yaitu Sedah Mirah Nasution, anak kedua yaitu Panembahan Al Nahyan Nasution, lalu anak bungsu yaitu Panembahan Al Saud Nasution.

Artikel ini disadur dari Profil cucu Jokowi dan arti nama Panembahan Al Nahyan Nasution

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *