Wamentan ajak petani Grobogan gunakan benih bersertifikat

  • admin
  • Agu 09, 2024

Kami meyakinkan distribusi pupuk berjalan lancar agar tiada ada kendala selama musim tanam

Jakarta – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono meminta banyak petani di dalam Grobogan, Jawa Tengah, menggunakan benih padi bersertifikat guna meningkatkan produktivitas pertanian, sehingga mampu mewujudkan swasembada pangan.

"Menanam padi dengan benih dari hasil panen sendiri akan menurunkan hasil produksi. Sebaliknya, benih bersertifikat dapat meningkatkan hasil panen hingga 25 persen," katanya pada waktu hadir di Rembug Tani se-Grobogan dalam Grobogan, Jateng, Minggu.

Menurutnya, penyelenggaraan benih unggul bersertifikat adalah salah satu kunci penting untuk mencapai swasembada juga menjadikan Tanah Air lumbung pangan dunia.

Ia menyampaikan benih bersertifikat sudah teruji juga terbukti memberikan dampak besar terhadap produktivitas nasional lalu sekaligus dapat menjawab tantangan krisis iklim yang dihadapi dunia.

Sudaryono juga menyebutkan bahwa pemerintah terus bekerja di menyelesaikan beragam persoalan petani, seperti pemenuhan air melalui pompanisasi serta peningkatan alokasi pupuk subsidi hingga 100 persen.

Ia berharap persoalan harga jual dapat segera diatasi untuk menjamin keuntungan petani. Jika ada keperluan tentang alat mesin pertanian, petani diminta agar segera melaporkan terhadap dirinya.

"Sebelum ke Jawa Tengah, saya bertemu dengan Direktur Bulog. Instruksinya jelas, hasil panen petani diserap maksimal oleh Bulog. Saya ingin Grobogan berubah menjadi contoh keberhasilan sektor pertanian," ujar Wamentan pada informasi dalam Jakarta.

Kepala Daerah Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi upaya pemerintah di mengupayakan petani. Pendukung pemerintah pusat dinilai sangat terasa ke daerahnya.

"Selama saya menjabat, sektor pertanian setiap saat berubah menjadi prioritas. Kami berjanji meningkatkan produksi kemudian kesejahteraan petani," ujarnya.

Sri juga menambahkan bahwa Grobogan merupakan area terbaik pada pendistribusian pupuk dalam tingkat nasional.

"Kami melakukan konfirmasi distribusi pupuk berjalan lancar agar tidaklah ada kendala selama musim tanam," katanya.

Dengan langkah-langkah itu, kata Sri, diharapkan Grobogan dapat berubah jadi model keberhasilan pertanian yang digunakan dapat dihadiri oleh oleh tempat lain ke Indonesia.

Artikel ini disadur dari Wamentan ajak petani Grobogan gunakan benih bersertifikat

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *