Pemkab Garut lakukan kegiatan pemberdayaan terhadap PKL yang digunakan direlokasi

  • admin
  • Agu 09, 2024

Ada pendampingan pembuatan NIB (nomor induk berusaha), sertifikasi halal, pelatihan, pemasaran bersama, akses permodalan

Garut – eksekutif Kota Garut, Jawa Barat, melakukan acara pemberdayaan seperti pendampingan usaha, perizinan usaha, sertifikasi halal, maupun akses bantuan modal, untuk beratus-ratus peniaga kaki lima (PKL) wilayah perkotaan yang digunakan direlokasi, agar usahanya semakin berkembang.

"Ada pendampingan pembuatan NIB (nomor induk berusaha), sertifikasi halal, pelatihan, iklan bersama, akses permodalan," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Tenaga serta Informan Daya Mineral Wilayah Garut Ridwan Effendi ke Garut, Minggu.

Ia menuturkan pemerintah wilayah pada waktu ini sedang berupaya melakukan penataan kawasan PKL di dalam wilayah perkotaan Garut, tepatnya Jalan Ahmad Yani ke Jalan Pasar Baru agar keberadaannya lebih banyak tertata, enak juga aman.

Tercatat, kata dia, PKL yang digunakan direlokasi sebanyak-banyaknya 314 pedagang, pemerintah tempat bukan hanya saja mengeluarkan kebijakan relokasi, tapi juga membantu di dalam sektor lainnya, seperti sertifikasi halal bagi pelaku usaha kuliner.

"Yang berdagang dalam sektor kuliner khususnya, itu juga kami fasilitasi untuk acara halal, NIB," katanya.

Ia menyampaikan selain pelayanan pembuatan sertifikasi halal, ke depannya pemerintah wilayah menjalin kerja sebanding dengan lembaga keuangan agar bisa jadi memberikan akses pinjaman modal untuk mengupayakan pengembangan usaha mereka.

Upaya lainnya untuk mengembangkan usaha PKL di dalam tempat baru, kata dia, akan dikeluarkan kebijakan Penjabat (Pj) Pimpinan Daerah Garut terkait aparatur sipil negara (ASN) di dalam lingkungan Pemkab Garut untuk belanja di dalam PKL.

"Untuk perencanaan ke depan diawali dulu oleh pergerakan belanja di dalam PKL bagi para ASN Pemkab Garut melalui surat edaran Pj Bupati," katanya.

Ia menyampaikan ketika ini perkembangan relokasi PKL di dalam wilayah perkotaan Garut sudah ada tahap persiapan menempati tempat baru yang dimaksud diawali dengan pengerjaan tenda, kemudian pelaksanaan pengundian nomor tempat usaha.

Ia berharap pelaksanaan relokasi itu berjalan dengan lancar, juga seluruh PKL mampu menempati tempat berjualan yang tersebut baru secara tertib.

"Nanti rekan-rekan yang tersebut menempati lokasi baru bisa saja dengan tertib, perpindahan dengan swadaya, tentu cuma dibantu oleh kami jajaran pemerintah tempat dengan tim," katanya.

 

Artikel ini disadur dari Pemkab Garut lakukan program pemberdayaan kepada PKL yang direlokasi

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *