Mahasiswa Tolak 4 Pilar Ala MPR RI, Selamatkan Pancasila

Jakarta, berita9.com – Selamatkan Pancasila, begitu isi spanduk besar yang terpasang saat aksi mimbar bebas memperingati 1 Juni hari Pancasila di Kampus Universitas Bung Karno (UBK), Menteng, Jakarta, Sabtu (1/6).

Hal itu dilakukan Keluaga Besar Mahasiswa Universitas Bung Karno (KBM UBK) didukung Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) dan Civitas Akademik UBK yang menyatakap sikap tegas penolakan kosa kata 4 Pilar yang selama ini di sosialisasikan MPR RI.

“Tolak empat pilar, 1 juni adalah hari dimana pancasila lahir, sebagai sebuah ideologi yang menyatukan semua untuk didirikan nya sebuah negara republik indosesia,” ujar Humas KBM UBK Afditya Iman Fahlevi saat ditemui di UBK.

Menurutnya, sebagai dasar ideologi negara yang kuat, Pancasila adalah ‘philosofische grondslag’ itu lah fundamen, filsafat, pikiran yang sedalam-dalamnya, jiwa hasrat yang sedalam-dalamnya untuk diatasnya didirikan gedung indonesia merdeka yang kekal dan abadi.

Selain itu, kata dia, dalam aksi kali ini pihaknya menuntut penggunaann kosa kata 4 pilar mengakibatkan adanya penyesatan dan pengaburan terhadap pengertian dan makna pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Bagi kami, Pancasila sudah termasuk dari semua pondasi-pondasi itu. Pancasila tidak bisa dipisahkan dan diartikan satu persatu. Pancasila adalah dasar ideologi negara kesatuan republik indonesia
Dan pancasila bukan empat pilar,” tegas dia.

Dirinya juga menyebutkan pihaknya akan melanjutkan aksi yang sama pada hari Senin, (3/6) di Gedung DPR RI.

(BS/IB)

Informasi lain :

  • Perdana Mentri Israil “Sharon” Tubuhnya Membusuk
  • Tahun Baru Buruh BUMN Ancam Mogok Kerja
  • Fakta Unik Air Mata dan Menangis

Leave a Reply

Your email address will not be published.