banner 468x60

Masalah Keuangan Bikin Pasangan Menyimpan Rahasia

0 8
banner_helm_GM_480x60
banner lazada

Uang masih saja menjadi sumber pertengkaran dalam hubungan pernikahan. Menurut survei, jumlah pasangan yang bertengkar karena uang, semakin bertambah. Masalah keuangan ini kemudian memicu pasangan untuk menyimpan rahasia. Tak sedikit pasangan menikah yang tak terbuka mengenai uang dan merahasiakan kebiasaan berbelanja.

Perusahaan jasa keuangan, American Express mengadakan riset melibatkan 2.020 responden. Hasil riset menunjukkan, terdapat kenaikan jumlah pasangan yang bertengkar karena uang. Sebanyak 61 persen pasangan mengaku pembicaraan mengenai keuangan di rumah tangga, berbuntut pertengkaran. Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan hasil survei tahun lalu, hanya 41 persen pasangan yang mengaku kerap bertengkar seputar keuangan.

Lantaran bosan selalu bertengkar saat membahas keuangan keluarga, pasangan cenderung mengambil jalan pintas. Banyak pasangan yang diam-diam berbelanja tanpa diketahui suami atau istrinya. Perilaku lain yang dilakukan pasangan adalah memindahkan uang ke rekening rahasia miliknya, atau menyembunyikan kartu kredit.

Hasil survei ini menunjukkan sejumlah kondisi. Kemungkinan yang muncul di antaranya, terjadi tekanan finansial yang tinggi dalam rumah tangga.  Kondisi lainnya, konsumen, boleh jadi memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan. Lalu muncul semakin banyak pilihan mengenai bagaimana cara membelanjakannya. Karena pilihan semakin banyak, pasangan lantas merasa perlu membahas keuangan bersama. Namun yang terjadi justru sebaliknya, pasangan kerapkali bertengkar karena uang tanpa menemukan solusi keuangan.

"Menurut saya kondisi ini bukan menandakan pasangan yang stres dengan keadaan. Kondisi ini terjadi karena pasangan mulai harus menata kembali keuangan mereka pascakrisis dan resesi keuangan," jelas Leah Gerstner, vice president of public affairs American Express.

Apapun alasan pertengkaran pasangan karena uang, tren yang muncul adalah perubahan perilaku. Satu dari lima perempuan mengaku menyembunyikan belanjaannya dari pasangan. Kalaupun merasa perlu memberitahukan pasangan, perempuan cenderung memilah harga. Perempuan hanya akan memberitahukan barang belanjaan mereka, jika harganya di bawah standar harga tertentu. Kalau mereka berbelanja lebih mahal dari standar harga tersebut, sang suami takkan pernah mengetahuinya.

Pasangan takkan pernah mengetahui barang rahasia ini, karena menurut survei, 13 persen responden mengaku menyembunyikan barang rahasia tersebut dengan rapi. Pasangan takkan pernah bisa menemukan barang rahasia ini.

Sumber: cnbc

Category: Bisnis, UmumTags:
banner_helm_GM_480x60
author
No Response

Leave a reply "Masalah Keuangan Bikin Pasangan Menyimpan Rahasia"